Abstract Class, Package, Casting Object, Overloading & Overriding, Pewarisan Interface

Wednesday, May 4, 2016



A.    Abstract Class
Abstract Class adalah sebuah class yang tidak bisa di-instansiasi (tidak bisa dibuat menjadi objek) dan berperan sebagai ‘kerangka dasar’ bagi class turunannya. Abstract class umumnya memiliki abstract method.
Abstract class digunakan di dalam inheritance (pewarisan class) untuk ‘memaksakan’ implementasi method yang sama bagi seluruh class yang diturunkan dari abstract class. Abstract class digunakan untuk membuat struktur logika penurunan di dalam pemrograman objek.
B.     Package
Package adalah sarana untuk mengelompokkan atau mengorganisasikan kelas dan interface yang sama atau sekelompok menjadi satu unit tunggal dalam library. Package mempengaruhi mekanisme hak akses ke kelas didalamnya.
Class tersebut harus disimpan pada suatu directory yang sama dengan nama package nya. Alasan menggunakan package pada java ialah untuk menghindari tabrakan nama kelas yang akan dibuat dengan nama kelas yang sudah ada.
C.     Casting Object
Casting Object adalah proses konversi data dari tipe data tertentu ke tipe data yang lain. Casting diperlukan ketika kita akan “memaksa” penyesuaian dari satu tipe data ke tipe data lain. Pada pemrograman berbasis objek casting diperlukan untuk menyesuaikan suatu tipe objek (class) ke tipe objek (class) lain. Casting objek terdapat dua jenis yaitu :
·         Casting Objek Implisit
·         Casting Objek Eksplisit

D.    Overloading dan Overriding
a.       Overloading
Overloading merupakan Suatu Function yang memiliki parameter , dan function tersebut dapat memiliki nama function yang sama dengan yang lainnya dengan syarat jumlah parameter mesti berbeda

atau situasi di mana beberapa rutin dalam sebuah program dapat mempunyai nama sama tetapi berbeda jenis parameter dan/utau jenis return value.

b.      Overriding
Overriding merupakan suatu keadaan dimana kelas anak dapat mengubah atau bisa kita bilang memodifikasi atau memperluas data dan method pada kelas induk.

E.     Pewarisan Interface
Sebuah kelas dapat mewarisi interface dengan menggunakan kata kunci implements, dimana kelas tersebut dapat mewarisi beberapa interface. Pewarisan Antar Interface Interface dapat mewarisi interface lainnya menggunakan kata kunci extends. Interface dapat mewarisi lebih dari satu interface.
  
Kesimpulan
 Abstract Class,  Package, Casting Object, Overloading & Overriding, dan Pewarisan Interface memiliki hubungan yang saling berkaitan dalam pemrograman berorientasi objek untuk menyusun suatu program.

0 comments:

Post a Comment