Teknologi Sistem Cerdas

Friday, October 18, 2019

Apa itu Sistem Cerdas?

Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling terhubung dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan. Sistem cerdas adalah sistem yang menerapkan kecerdasan buatan yang menyerupai kecerdasan manusia. Sistem ini dibuat agar dapat berpikir dan berperilaku layaknya manusia.

Contoh Teknologi Sistem Cerdas di Kehidupan
1.      Contoh Penerapan AI Pada ATM



ATM (Automatic Teller Machine) atau dalam bahasa Indonsia dikenal dengan Anjungan Tunai Mandiri. ATM merupakan alat elektronik yang disediakan oleh bank yang kepada pemilik rekening dapat digunakan untuk bertransaksi secara elektronis seperti mengecek saldo, mentransfer uang dan juga mengambil uang dari mesin ATM tanpa perlu dilayani seorang teller. Setiap pemegang kartu diberikan PIN (personal identification number), atau nomor pribadi yang bersifat rahasia untuk keamanan dalam penggunaan ATM.
Anjungan Tunai Mandiri (ATM) adalah mesin yang menggunakan sistem komputerisasi dan digunakan untuk menabung, mengambil uang tunai, mentransfer dana dan lainnya. Dengan adanya ATM ini, pemilik rekening tidak lagi perlu ke teller bank untuk melakukan transaksi tarik tunai, transfer uang, maupun setor tunai.

 
2.      Sistem Rekomendasi Produk pada e-Commerce

Semakin banyaknya informasi produk yang ada di internet menghadirkan tantangan baik pembeli maupun pebisnis online dalam lingkungan e-commerce. Pembeli sering mengalami kesulitan saat mencari produk di internet karena banyaknya produk yang dijual di internet. Selain itu, pebisnis online sering mengalami kesulitan karena memiliki data mengenai produk, pembeli, dan transaksi yang sangat banyak, sehingga menyebabkan pebisinis online mengalami kesulitan untuk mempromosikan produk yang tepat pada target pembeli tertentu. Sistem rekomendasi dikembangkan untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan berbagai metode seperti Collaborative Fltering, Content based, dan Hybrid. Metode Collaborative Fltering menggunakan data rating pembeli, Content Based menggunakan konten produk seperti judul atau deskripsi, dan Hybrid menggunakan keduanya sebagai dasar rekomendasi. Dengan menggunakan basis data graf, maka model sistem rekomendasi dapat dirancang dengan berbagai metode pendekatan sekaligus. Pada penelitian ini, algoritma k-Nearest Neighbor digunakan untuk menentukan top-n rekomendasi produk untuk setiap pembeli. Hasil dari penelitian ini metode Content Based mengungguli metode lain karena data yang digunakan sparse, yaitu kondisi dimana jumlah rating yang diberikan pembeli relatif sedikit terhadap banyaknya produk yang tersedia pada e-commerce.
Kalian pasti sudah pernah berbelanja online setidaknya sekali dalam hidup kalian. Baik itu dari website e-commerce maupun aplikasi toko online, setiap platform e-commerce pasti memiliki sebuah bagian kolom rekomendasi. Kolom rekomendasi itu adalah hasil dari menerapkan machine learning dalam sistem platform tersebut. Dengan begini, kemungkinan untuk upselling dan cross-selling pun meningkat, tanpa adanya intervensi manusia.

3.      Asisten Google

Bersamaan dengan pengumuman pengembangan perangkat lunak pada April 2017, Google Assistant telah, dan sedang, diperluas untuk mendukung berbagai perangkat digital lain, termasuk mobil dan peralatan rumah pintar pihak ketiga. Fungsionalitas Google Assistant juga dapat ditingkatkan oleh pengembang pihak ketiga. Hingga 2017, Google Assistant sudah dipasang pada lebih dari 400 juta perangkat.
Pengguna terutama berinteraksi dengan Google Assistant melalui suara alami. Jika berada dalam situasi yang tidak mendukung adanya input suara (misalnya terlalu bising), pengguna bisa memanfaatkan input keyboard.
Dalam sifat dan cara yang sama seperti Google Now, Google Assistant dapat mencari di Internet, menjadwalkan acara dan alarm, menyesuaikan pengaturan perangkat keras pada perangkat pengguna, dan menampilkan informasi dari akun Google pengguna.
Google juga telah mengumumkan bahwa Asisten akan dapat mengidentifikasi objek dan mengumpulkan informasi visual melalui kamera perangkat, dan mendukung pembelian produk dan mengirim uang, serta mengidentifikasi lagu.
Untuk menggunakan Google Asistant caranya cukup mudah, dengan cara mengucapkan “OK Google” atau dengan menekan tombol home dua kali, kemudian masukkan perintah yang ingin dijalankan dengan menggunakan suara atau dengan teks. Cara kerja Google Asistant layaknya asisten pribadi. Google Asistant dapat mengirim pesan, membuka aplikasi, memainkan musik dan masih banyak lagi.

Contoh AI Terbaru
1.      Selfiebot

Selfiebot adalah sebuah robot yang dapat dijadikan fotografer. selfiebot dikembangkan oleh investor asal Australia, Erico Penzo, pada tahun 2017. Robot ini memiliki tinggi 182 cm. Selain untuk membantu kegiatan foto, robot ini juga dapat merekam video. Robot ini memiliki cincin cahaya yang digunakan sebagai penerangan dan tengahnya terdapat tablet. Foto yang diambil menggunakan robot ini dapat dicetak secara langsung ataupun dikirim ke smartphone penggunanya. Robot ini juga dapat diajak berinteraksi berkat kemampuan artificial intelligence yang tertanam. Dengan selfiebot, orang tidak lagi perlu mencari bantuan orang lain untuk mengambil gambar ataupun video. 

2.      Tesla

Teknologi Self-Driving akhir-akhir ini semakin sering digembor-gemborkan. Bayangkan sebuah mobil bisa menyetir dirinya sendiri tanpa harus di kendalikan oleh supir manusia lagi. Itulah yang mampu di lakukan oleh AI yang disematkan Tesla, salah satu perusahaan otomotif dunia dalam mobil-mobil besutannya. Memang masih banyak pro-kontra dalam AI yang satu ini terkait jaminan keselamatan yang diberikan. Namun pada waktunya, mungkin seluruh mobil di dunia sudah tidak memerlukan supir lagi.

3.      Alexa

Kecerdasan buatan yang kedua adalah Alexa. Hampir sama dengan SIRI, Alexa juga merupakan salah satu asisten personal cerdas yang bisa membantu kebutuhan penggunanya. Bedanya, Alexa dibuat oleh Amazon untuk ditanamkan pada perangkat pintar dalam konsep Smart Home (rumah pintar) seperti Smart-lamp, Smart-watch, Smart-speaker,dan Smart-TV. Yang paling menarik dari Alexa adalah ia dapat mengetahui di ruangan dan sebelah mana pengguna memberikan perintah. Jadi anda tidak perlu memberikan perintah di depan speaker untuk mendapatkan respons Alexa. Tinggal sebutkan perintah di manapun anda berada, dan Alexa akan meresponnya.

Referensi
1.      http://virgilius-rivan-seran-fst15.web.unair.ac.id/artikel_detail-220922-Komputer%20Cerdas-Artificial%20Intelligence%20(AI)%20dan%20Contoh%20Penerapannya%20Pada%20ATM.html
3.      https://www.researchgate.net/publication/320204863_Sistem_Rekomendasi_Pada_E-Commerce_Menggunakan_K-Nearest_Neighbor
5.      https://www.robicomp.com/pengertian-artificial-intelligence-dan-contohnya-dalam-kehidupan.html


0 comments:

Post a Comment